Categories
Kesehatan

4 Cara Mengobati Pilek yang Ampuh untuk Bayi di Rumah

9 Perlengkapan Bayi yang Aneh Banget, Ada Empeng Bayi Bikin Kaget!

            Pilek merupakan infeksi virus yang umum dialami oleh bayi. Biasanya pilek dapat menjadi salah satu gejala sebelum terjadinya flu. Kondisi ini akan membuat bayi menjadi tidak nyaman, serta bayi akan lebih rewel dan sering menangis.

            Dalam situasi seperti ini, kebanyakan orang tua akan langsung membawa bayi ke dokter anak terdekat untuk melakukan pemeriksaan pada tubuh bayi. Selain membawa bayi ke dokter, Anda dapat mengobati pilek pada bayi dengan melakukan pengobatan rumahan. Berikut ini terdapat 4 obat batuk pilek untuk bayi 0-6 bulan secara alami di rumah, yaitu:

  • Memberikan ASI

ASI atau Air Susu Ibu merupakan cara yang paling mudah untuk mengobati pilek pada bayi. Diketahui ASI memiliki kandungan zat gizi dan antibodi yang baik untuk bayi. Kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan imun tubuh bayi yang dapat menangkal virus terjadinya pilek.

Selama bayi dalam keadaan pilek, biasanya akan mengalami penurunan nafsu untuk menyusu dan akan lebih rewel dari biasanya. Hal ini disebabkan karena bayi mengalami kondisi yang tidak nyaman dan merasa sakit. Dalam kondisi seperti ini, peran ibu sangat dibutuhkan untuk bayi. Ibu dapat mendekap bayi sambil memberikan asupan ASI agar bayi cepat pulih.

Jika bayi terlihat tidak ingin menyusu, ibu dapat melakukan cara lain untuk memberikan ASI kepada bayi dengan cara memompa ASI ke dalam botol susu, lalu diberikan kepada bayi. Cara ini akan lebih mudah untuk dilakukan dibandingkan memberikan ASI kepada bayi melalui puting secara langsung.

  • Menggunakan Humidifier

Cara mengobati pilek untuk bayi ala rumahan lainnya yaitu menggunakan humidifier. Humidifier adalah alat yang digunakan untuk menjaga kelembapan udara di suatu ruangan dengan menyemprotkan uap air ke udara. Humidifier juga dikenal untuk meredakan beberapa iritasi yang disebabkan oleh udara kering, salah satunya yaitu pilek.

Terjadinya pilek pada bayi dapat disebabkan oleh udara kering, jadi ada baiknya orang tua lebih memperhatikan kelembapan udara di rumah dengan menggunakan humidifier. Hindari ruangan ber AC selama bayi sedang mengalami pilek, karena dapat membuat gejala pilek yang dialami bayi menjadi parah.

  • Menepuk Punggung Bayi

Selanjutnya cara yang paling mudah untuk mengurangi hidung tersumbat akibat pilek pada bayi yaitu menepuk punggung bayi secara perlahan. Orang tua harus sesering mungkin menepuk punggung bayi saat sedang pilek.

Caranya pun cukup mudah, Anda dapat menggendong bayi, lalu letakkan dipundak Anda. Setelah itu Anda dapat menepuk punggung bayi secara lembut agar dapat membantu meredakan pilek.

Selain cara tersebut, Anda dapat meletakkan bayi dipaha Anda dengan posisi tengkurap, lalu Anda dapat menempuk bagian punggungnya. Jika bayi sudah berusia satu tahun, Anda dapat menepuk punggung bayi pada saat sedang duduk.

  • Membersihkan Kerak Ingus Secara Rutin

Ingus yang berada di sekitar hidung terkadang dapat menjadi keras dan mengering. Kondisi tersebut akan membuat bayi merasa tidak nyaman. Jika kerak beda dalam lubang hidung, maka akan membuat bayi kesulitan untuk bernapas dengan leluasa. Kerak ingus tersebut juga dapat membuat bayi menjadi risih, karena merasa ada gumpalan disekitar hidungnya.

Orang tua harus rajin membersihkan kerak ingus tersebut secara rutin dengan peralatan yang ada di rumah. Cukup gunakan cutton bud atau tisu yang dibasahkan sedikit dengan air hangat, lalu bersihkan area sekitar hidung yang terdapat kerak ingus.

Itulah cara mengobati pilek yang ampuh dan aman untuk bayi di rumah, orang tua dapat memilih cara yang dirasa dapat dilakukan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *