Categories
Kesehatan

Tips Minum Air Jahe yang Kaya Akan Khasiat

Jahe Bersih

Siapa sih yang tidak familiar dengan tanaman obat bernama jahe? Selain mudah ditemukan, rempah yang satu ini tentunya sudah sangat terkenal akan khasiatnya. Apalagi, jahe juga bisa diolah menjadi berbagai macam bumbu makanan dan jamu. Bukan hanya itu saja, jahe pun terkenal untuk diolah menjadi minuman yang bisa mengobati berbagai macam masalah kesehatan. Nah, apabila kita termasuk salah satu orang yang suka mengonsumsi air jahe, berikut ini terdapat beberapa manfaat mengonsumsi air jahe yang perlu kita ketahui. 

1. Meredakan nyeri dan sakit

Air jahe memiliki kandungan senyawa kimia bernama gingerol dan fenol yang berperan penting sebagai obat antinyeri sehingga bisa mengurangi rasa sakit. Kedua senyawa ini juga memiliki khasiat sebagai pereda gejala iritasi lambung, pereda kram perut ketika menstruasi, serta pereda nyeri oto seusai berolahraga. Berdasarkan sebuah penelitian yang melibatkan 60 orang dewasa yang mengalami migrain, dibuktikan bahwa air jahe berperan penting untuk meredakan gejala migrain. Hal ini dikarenakan air jahe menjadi terapi tambahan, jadi penderita migrain bukan hanya mengandalkan obat pereda rasa nyeri.

2. Menghilangkan rasa mual

Jahe sangat terkenal sebagai salah satu penghilang rasa mual dan dapat mencegah mabuk laut. Hal ini dikarenakan air jahe memiliki khasiat untuk mengurangi mual dan muntah. Hal yang sama juga dapat dilakukan ketika kita ingin memulihkan diri pasca operasi, kemoterapi, atau kehamilan. Bahkan, ibu hamil yang mengalami morning sickness juga disarankan untuk mengonsumsi air jahe karena air jahe memiliki manfaat yang besar untuk meredakan morning sickness.

3. Mengurari peradangan rematik dan osteoarthritis

Ketika seseorang secara rutin meminum ramuan rempah air jahe, maka ia bisa mencegah dan mengurangi peradangan yang dapat disebabkan oleh adanya nyeri sendir osteoarthritis serta rematik. Hal ini dikarenakan adanya komponen aktif yang terdapat pada jahe, beberapa di antaranya seperti gingerol, gingerdione, serta zingeron. Sementara itu, terdapat juga kandungan oleoresin pada jahe yang berperan aktif untuk melawan peradangan. Sebuah penelitian bahkan telah membuktikan bahwa jahe dapat memberikan khasiat untuk meredakan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi.

4. Zat kaya antioksidan untuk memerangi resiko penyakit kronis

Sebagai salah satu sumber antioksidan yang tinggi, jahe memiliki potensi untuk melindungi kita dari dampak buruk radikal bebas yang disebabkan oleh lingkungan sekitar, misalnya seperti asap rokok, polusi udara dari asap knalpot, paparan sinar matahari, serta radiasi dan ozon.

Radikal bebas sendiri disebut-sebut sebagai salah satu faktor utama yang menyebabkan berbagai penyakit kronis, misalnya saja seperti tumor, kanker, serta penyakit jantung. Sementara itu, terdapat juga penelitian yang menunjukkan bahwa konsumsi rutin air jahe berperan penting untuk mencegah dan memperlambat gagal ginjal.

5. Mengontrol kadar gula darah

Terdapat sebuah penelitian dari Iran yang menjelaskan bahwa jahe menjadi salah satu minuman yang efektif untuk menurunkan kadar gula darah puasa. Hal ini terlihat dari adanya penurunan kadar gula darah secara cukup drastis pada pengidap diabetes tipe 2 yang telah mengonsumsi suplemen jahe. Bukan hanya itu saja, jahe pun memiliki kandungan antiradang yang sangat baik untuk mencegah komplikasi diabetes seperti stroke dan penyakit jantung. Peneliti sendiri telah melaporkan adanya manfaat dari penggunaan air jahe ini apabila dicampurkan dengan bubuk kayu manis. Selain itu, air jahe juga sangat baik untuk mengontrol berat badan karena dapat meningkatkan laju metabolisme. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *