Categories
Bisnis & Keuangan

Bedanya Pinjam Uang di KrediFazz vs Finmas

Di tengah banyaknya bermunculan aplikasi pinjaman online cepat cair terbaru, bisa semakin menambah pilihan orang dalam memilih layanan pinjaman yang pas. Tapi, kebanyakan pilihan pastinya juga bisa bikin bingung. Atau malah, jadi salah pilih dan menganggap semua layanan fintech itu sama aja. Padahal, nggak demikian lho. 

Setiap fintech, pasti punya peraturan dan mekanisme pinjamannya sendiri yang berbeda dengan fintech lainnya. Biasanya, perbedaan ini terletak pada jenis pinjaman yang ditawarkan, limit pinjaman, bunga, dan pilihan tenornya. Di sinilah salah satu manfaatnya, kalau sebelum pakai aplikasi pinjaman online cepat cair terbaru, kita ngebandingin dulu antara aplikasi yang satu dengan yang lain. Kalau bisa dapat aplikasi fintcech yang bunganya rendah dan pas di kantong, kenapa harus pakai yang bunganya lebih besar?

Untuk mempersingkat waktu kalian ngebandingin aplikasi fintech, saya mau kasih bantuan berupa ulasan perbedaan antara fintech pinjaman online KrediFazz dan Finmas, nih. Dua fintech ini termasuk dalam daftar fintech legal yang sudah terdaftar di OJK. Dengan keunggulannya masing-masing, dua fintech ini bisa masuk daftar pertimbangan kalian yang butuh layanan pinjaman online. Yuk kita bahas bedanya satu per satu. 

Bedanya Layanan Pinjaman di KrediFazz vs Finmas

Perbedaan pertama dari KrediFazz dan Finmas terletak pada limit pinjaman yang ditawarkan. Di KrediFazz, kita bisa pinjam dana mulai 100 ribu sampai dengan Rp 1,5 juta. Sementara di Finmas, pinjaman atau yang disebut Cash Advance, berlaku mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 5 juta. Di poin pertama ini, cukup keliatan ya bedanya. Buat kita yng butuh pinjaman dalam jumlah kecil, bisa coba KrediFazz. Jika kebutuhannya lebih dari Rp 1,5 juta, bisa coba ke Finmas. 

Bedanya Suku Bunga Pinjaman & Tenor di KrediFazz vs Finmas

Perbedaan kedua dari KrediFazz dan Finmas yang juga nggak kalah menarik dibahas adalah tingkat suku bunga dan tenor pinjamannya. Meskipun limit pinjaman kecil, KrediFazz memiliki tingkat suku bunga yang rendah jika dibandingkan fintech sejenisnya. Yaitu 9% per bulan atau 0,3% per hari dengan jangka waktu pengembalian 30 hari. Ada juga biaya admin sebesar 6% yang akan dipotong langsung dari total pinjaman yang cair. 

Di Finmas, informasi suku bunga yang tertera pada situs dan aplikasinya berkisar mulai dari 0,27% sampai dengan 0,47% per hari. Tenor pinjaman yang tersedia ada 30 hari dan 3 bulan. Biaya admin pinjaman di Finmas berkisar kurang lebih mulai 9% tergantung dengan nominal pinjaman yang diajukan. 

Biar nggak bingung, berikut ini saya jabarin simulasi pinjaman dari KrediFazz dan Finmas. Pertama, untuk KrediFazz: 

  1. Total pinjaman yang diajukan sebesar Rp 1 juta. 
  2. Biaya admin sebesar Rp 60 ribu. 
  3. Bunga 9% atau sebesar Rp 90 ribu. 
  4. Pinjaman yang akan diterima Rp 940 ribu. 
  5. Pinjaman yang harus dikembalikan Rp1.090.000 (tenor 30 hari). 

Dengan nominal pinjaman yang sama yaitu Rp 1 juta, simulasi pinjaman di Finmas menjadi: 

  1. Total pinjaman yang diajukan sebesar Rp 1 juta. 
  2. Bunga sebesar Rp 130 ribu. 
  3. Biaya proses administrasi sebesar Rp 90 ribu atau 9%. 
  4. Pinjaman yang harus dikembalikan sebesar Rp1.220.900 (tenor 30 hari). 

Dari perbandingan simulasi di atas, karena sudah beda dari sisi suku bunga dan biaya adminnya, maka total pengembalian pinjaman KrediFazz lebih kecil dibanding pinjaman di Finmas. Simulasi di atas untu Finmas saya ambil dari kalkulator pinjaman yang ada di situs Finmas langsung. Kalau untuk KrediFazz, simulasinya saya ambil dari hitungan yang tertera di laman Play Store KrediFazz langsung ya. 

Bedanya Syarat Daftar Pinjaman di KrediFazz vs Finmas

Kalau tertarik menggunakan aplikasi KrediFazz untuk pinjam dana, kamu harus memenuhi tiga kriteria berikut: 

  1. Berstatus sebagai WNI. 
  2. Berusia 18 – 60 tahun. 
  3. Punya penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  4. Berdomisili di Indonesia. 

Di Finmas, syarat pengajuan pinjaman juga terbilang singkat, yaitu: 

  1. Berstatus sebagai WNI. 
  2. Berusia minimal 21 tahun. 
  3. Punya e-KTP dan penghasilan tetap. 
  4. Jika diperlukan atau dalam suatu kondisi, beberapa dokumen pendukung lain mungkin perlu disertakan atau diunggah dalam aplikasi. Dokumen tersebut antara lain: informasi pekerjaan, SIM atau paspor, NPWP, BPJS atau KIS, slip gaji dan kartu pegawai, hingga kartu kredit atau debit pribadi. 

Untuk saat ini, aplikasi KrediFazz baru tersedia di Google Play Store dan baru bisa digunakan oleh pengguna Android. Sementara aplikasi Finmas, bisa digunakan oleh pengguna Android maupun iOS karena sudah tersedia baik di Google Play Store maupun App Store. 

Gimana, tertarik mencoba salah satu dari KrediFazz atau Finmas?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *