Categories
Kuliner

Cara Memilih Telur Ayam yang Tepat untuk Dikonsumsi

main image

Beberapa waktu yang lalu, publik pernah digemparkan dengan adanya peristiwa telur palsu. Walaupun rumor yang satu ini belum terbukti kebenarannya, tetapi kita sebagai konsumen perlu waspada saat membeli telur ayam. Soalnya, jika kita tidak bisa memilih, kita bisa membeli telur yang sudah tidak segar, atau bahkan juga busuk. Apalagi seperti yang kita tahu, telur termasuk sebagai salah satu bahan pangan yang banyak digunakan. Makanya, ada beberapa pertimbangan yang harus kita lakukan sebelum membeli telur, berikut ini ulasannya.

1. Mencium aroma telur

Seperti saat kita memilih buah-buahan, kita juga bisa memanfaatkan indra penciuman kita untuk mengetahui aroma telur ayam yang akan kita beli. Sekalipun kulit telur terlihat kuat dan rapat, tetapi bisa saja kita mendeteksi telur busuk melalui indra penciuman kita. Maka dari itu, ketika kita sedang memilih telur, terutama dalam jumlah yang banyak, kita harus mendeteksi aromanya. Dekatkan telur ke hidung kita, kemudian tarik nafas secara mendalam untuk menghirup aroma telur. Apabila aromanya seperti telur busuk, maka bisa dipastikan isinya juga sudah busuk.

2. Mengguncang secara perlahan

Untuk langkah yang satu ini, kita tidak disarankan untuk mengguncang telur terlalu keras. Guncang secara perlahan dan dekatkan ke bagian telinga. Telur yang kualitasnya bagus tidak akan mengeluarkan suara ketika diguncang. Soalnya, tekstur putih telur yang masih bagus sangat kental, berbeda dari tekstur telur yang sudah lama yang bagian putihnya encer dan mengeluarkan suara ketika dikocok. Apabila telur masih segar, maka bagian putih telur akan mengikat kuning telur dengan sangat rapat.

3. Rendam telur di dalam air

Cara yang satu ini memang tidak bisa kita lakukan di supermarket, toko, ataupun tempat membeli telur lainnya. Namun kita bisa melakukannya di rumah kita masing-masing. Cukup sediakan wadah bening dan air, kemudian masukkan telur ayam secara perlahan-lahan agar tidak pecah, lalu amati beberapa tanda berikut ini:

– Telur yang tenggelam dalam posisis tidur menandakan telur tersebut masih segar dan baru berusia beberapa hari.

– Telur yang tenggelam dalam posisi tidur tetapi memiliki ujung yang lebih lebar yang sedikit terangkat menandakan telur sudah berusia 1 minggu, dan masih layak untuk dikonsumsi.

– Telur yang tenggelam dengan ujung runcing sementara ujung lebarnya sedikit mencuat layaknya mengambang menandakan telur berusia sekitar 3 mingguan

– Telur yang mengambang sampai mencapai ke permukaan air menandakan telur sudah rusak dan busuk sehingga telur tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

4. Memecahkan telur ke dalam wadah

Cara yang satu ini bisa kita lakukan sesaat sebelum kita mengolah telur. Cara yang satu ini juga menjadi cara yang paling mudah untuk mengecek kualitas telur. Cukup sediakan sebuah wadah dan pecahkan telur ke dalamnya, lalu lihat seperti apa tampilan telur. Perhatikan ciri-ciri berikut ini:

– Putih telur yang terlihat sangat kental ketika kita pecahkan menandakan telur tersebut masih baru.

– Telur yang sudah berusia satu mingguan akan menampakkan putih telur yang lebih lebar.

– Apabila sudah berusia 2-3 minggu, bagian putih telur akan lebih keruh serta memiliki tekstur yang sedikit lebih encer.

– Apabila telur berwarna abu-abu lalu bagian kuningnya sudah tercampur dengan warna putih serta beraroma tidak sedap, maka menandakan bahwa telur tersebut sudah busuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *