Tips Jitu Memilih Lembaga Pinjaman Uang yang Tepat

Sama halnya dengan memilih jodoh, apabila butuh pinjaman uang, kamu juga perlu memilih lembaga pinjaman yang tepat agar kebutuhan pinjaman bisa terpenuhi, tepat sasaran, dan menguntungkan. Baik itu dengan bank, koperasi, atau fintech pinjaman uang online seperti Kredivo. Sebab, dengan meminjam sejumlah uang dari lembaga pinjaman, sama dengan artinya kamu akan “terikat” dengan lembaga tersebut dalam periode tertentu.

Apabila ada yang tidak sesuai atau srek di hati, misal: perihal suku bunga, masa tenor, angsuran, hingga pelayanan, ini akan menimbulkan masalah di kemudian hari. Maka dari itu, sebelum meminjam, penting sifatnya untuk melakukan cek dan ricek dari segala sisi terkait lembaga pinjaman yang akan dipilih. Apa aja sih poin penting yang perlu kamu cek sebagai calon kreditur?

Tentukan tujuan dan besaran pinjaman yang ingin diajukan

Sebelum mengecek berapa besaran atau limit pinjaman yang bisa diberikan sebuah lembaga pinjaman, kamu perlu lebih dulu mengecek ke dirimu sendiri: apa tujuan pinjamannya dan berapa besaran yang dibutuhkan? Dengan mengetahui tujuan serta kisaran pinjaman yang dibutuhkan, ini akan membantu kamu untuk memfilter beberapa jenis lembaga pinjaman dari awal. 

Untuk kisaran pinjaman puluhan juta hingga ratusan juta, salah satu pilihan yang terbaik adalah bank: ada KTA, kredit dengan agunan, Kredit Usaha Rakyat (KUR). Bank sendiri terbagi atas bank negeri dan swasta. Sementara untuk kisaran pinjaman kecil, mulai dari ratusan ribu sampai puluhan juta, sekarang ini, ada fintech pinjaman uang sekaligus akses kredit online tanpa kartu kredit yang bisa kamu andalkan. Salah satunya Kredivo yang dapat memberikan limit kredit hingga Rp 30 juta khusus untuk pengguna yang terdaftar sebagai Akun Premium. Selain itu, Kredivo juga menerapkan tingkat suku bunga tetap: hanya 2,95% per bula untuk angsuran pinjaman atau cicilan barang.  

Manfaatkan situs OJK untuk menggali informasi seputar lembaga pinjaman

Sekarang, kalau sudah menentukan kisaran pinjaman dan tahu mau pilih jenis lembaga pinjaman yang mana, misal: bank atau fintech, maka selanjutnya, gali informasi sebanyak-banyaknya tentang lembaga pinjaman tersebut. Di era informasi teknologi yang berkembang pesat seperti sekarang, segala informasi bisa dengan mudah kamu temui di internet. Namun, hati-hati sebab tidak semua informasi yang beredar di internet bersifat valid dan benar. 

Untuk itu, pengecekan informasi dan reputasi seputar lembaga pinjaman bisa kamu lakukan melalui situs-situs resmi yang kredibel. Misalnya, situs Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sebagai institusi resmi yang mengatur dan mengawasi semua aspek di sektor jasa keuangan. Khusus fintech, OJK juga memiliki laman khusus yang berisi rilis daftar fintech yang sudah terdaftar di OJK dan legal untuk digunakan masyarakat. Lembaga pinjaman yang kredibel juga biasanya memiliki situs resmi sendiri yang bisa kamu akses kapanpun. Bank negeri atau swasta misalnya, masing-masing memiliki situsnya sendiri, begitu juga dengan fintech, Kredivo dan blog finansial Kredivo misalnya.

Jangan malas untuk mencari review nasabah dari lembaga pinjaman terkait di internet

Jangan cepat puas dengan satu informasi saja, sebaiknya, kamu juga mencari informasi tambahan seputar lembaga pinjaman di forum-forum ulasan pengguna atau di kolom review pengguna yang ada di Google Play Store atau App Store. Ini berlaku apabila lembaga pinjamannya berbasis online dengan platform aplikasi seperti Kredivo. Sebab, ulasan yang ada di kolom review pengguna sangat bermanfaat untuk menggambarkan pelayanan dari fintech terkait. Terutama seputar kendala apa saja yang dialami pengguna hingga puas atau tidaknya pengguna menggunakan jasa fintech tersebut. 

Validasi semua info yang tertera di situs atau berkas lembaga pinjaman

Misal, dalam info di situs atau berkas promosi pinjaman menyatakan bahwa suku bunga rendah: maka kamu perlu memvalidasinya dengan cara meminta hitung-hitungan yang detail di awal kepada lembaga pinjaman terkait. Ini dilakukan sebagai bentuk transparansi sekaligus menghindari adanya biaya tersembunyi dan tak terduga yang menyertai pinjaman di kemudian hari. Beberapa fintech pinjaman uang yang menggunakan situs atau aplikasi sebagai platform layanannya, biasanya juga memiliki fitur untuk simulasi pinjaman atau cicilan. Kredivo termasuk fintech yang memiliki fitur ini pada aplikasinya. 

Ada dua jenis pinjaman uang tunai yang bisa dinikmati pengguna Kredivo, yaitu pinjaman mini dan pinjaman jumbo. Kedua fitur ini ada di laman depan aplikasi Kredivo. Pinjaman mini diperuntukkan bagi kamu yang butuh pinjaman dengan nominal kecil, minimal Rp500 ribu, dalam waktu 30 hari dan suku bunga 2,95%. Sedangkan pinjaman jumbo diperuntukkan bagi kamu yang butuh pinjaman dengan jumlah besar, mulai dari Rp 1 juta, dengan opsi tenor 3 atau 6 bulan. Ketika menggunakan fitur ini, kamu akan diminta lebih dulu untuk mengisi besaran pinjaman. Secara otomatis, setelah itu akan muncul detail pinjaman, suku bunga, biaya provisi, hingga besaran dana pinjaman yang akan kamu terima. Jika setuju dengan simulasinya, kamu bisa melanjutkan proses pengajuan. Jika tidak, maka kamu bisa berhenti di awal. 

Selain tidak diragukan soal transparansi, Kredivo juga termasuk fintech yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi, keamanannya terjamin. Persyaratan daftar Kredivo cukup mudah: pendaftar wajib merupakan WNI yang sudah berusia minimal 18 tahun, berpenghasilan minimal Rp3 juta per bulan, dan berdomisili di Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi. Kamu bisa download aplikasi Kredivo di Google Play Store atau App Store untuk mendaftar.